Komunikasi
dan Jaringan Komputer
Komunikasi
komputer menggambarkan proses dimana dua atau lebih data/perangkat komputer
mentransfer dan mengintruksi informasi. Dewasa ini setiap komputer dapat
berkomunikasi dan berhubungan dengan komputer lain diseluruh dunia atau sering
disebut internet. Jenis jaringan sendiri ada yang menggunakan kabel dan kawat
adapula yang melalui udara nirkabel atau sering disebut wireless (jaringan
tanpa kabel).
Beberapa hal yang
diperlukan dalam berkomunikasi:
- Sebuah perangkat pengirim yang memulai instruksi untuk mengirimkan data, instruksi, atau informasi.
- Perangkat komunikasi A yang menghubungkan perangkat pengirim ke saluran komunikasi.
- Saluran komunikasi A, atau media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi.
- Perangkat komunikasi A yang menghubungkan saluran komunikasi ke perangkat penerima.
- Sebuah perangkat penerima yang menerima transmisi data, instruksi, atau informasi.
Penggunaan
Komunikasi Komputer
1.
1. Pesan Teks
Setiap
perangkat mobile selalu memiliki fitur pesan teks atau dalam bahasa sehari-hari
dikenal dengan SMS (Short Message Service).
Layanan
pesan teks biasanya menyediakan pengguna dengan beberapa pilihan untuk mengirim dan menerima pesan:
· Mobile
ke Mobile: mengirim pesan dari ponsel Anda ke perangkat selular lain
· Mobile ke
E-Mail: mengirim
pesan dari ponsel Anda ke alamat
e-mail di mana saja di dunia
· Web
ke Mobile: mengirim pesan dari sebuah situs web ke
perangkat mobile, atau meminta situs Web mengirimkan
informasi ke perangkat mobile dengan
pesan berita dan update lainnya, seperti
skor olahraga, harga saham, dan prakiraan cuaca
· Mobile ke
Provider: kirim pesan dengan memasukkan umum kode
pendek (CSC), yang merupakan
nomor empat atau lima
digit yang diberikan ke konten tertentu atau penyedia
layanan nirkabel, diikuti oleh pesan,
seperti suara untuk televisi Program kontestan
atau entri untuk undian
2.
2. Gambar / Pesan Video
Dengan
pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan
file suara, serta pesan teks singkat ke
telepon atau perangkat mobile
lainnya, atau komputer.
Dengan pesan video,
pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya
sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Dalam
ponselbiasa disebut MMS (layanan
pesan multimedia). Pengguna yang ingin
mengirim ataupun menerima berbagai pesan gambar / video harus
memverifikasi ponsel dengan memori yang memadai. Layanan gambar / video
messaging biasanya memberikan
pengguna pilihan ini untuk
mengirim dan menerima pesan:
· Mobile
ke Mobile: mengirim gambar / video dari
ponsel Anda ke perangkat selular lain
· Mobil ke
E-Mail: mengirim
gambar / video
dari perangkat mobile Anda
ke alamat e-mail di
mana saja di dunia
Jika
Anda mengirim pesan gambar ke telepon yang tidak memiliki fitur pesan gambar / video, ponsel
biasanya menampilkan pesan teks yang mengarahkan pengguna ke halaman Web
yang berisi pesan gambar / video. Beberapa jaringan sosial online memungkinkan Anda untuk mengirim pesan gambar / video ke nomor yang ditetapkan untuk mengirim pesan secara
otomatis ke profil online Anda.
3.
3. Wireless Instant Messaging
Wireless
instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi
internet layanan yang memungkinkan
perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih yang memungkinkan
komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti
AIM (AOL Instant
Messenger), Windows Live Messenger,
dan Yahoo! Messenger. Dengan layanan IM yang
kompatibel, pengguna memiliki pilihan
IM ini:
· Mobile
ke Mobile: menggunakan instant messenger nirkabel untuk berkomunikasi antara dua perangkat mobile
· Mobile ke
Personal Computer: menggunakan instant messenger nirkabel untuk berkomunikasi antara perangkat mobile dan komputer desktop atau notebook
· Web
ke Mobile: mengirim atau meneruskan pesan dari instant
messenger desktop atau notebook
komputer ke perangkat
mobile atau pengguna online
4.
4. Wireless Access Points Internet
Di rumah, tempat
kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang
terhubung secara nirkabel ke
Internet melalui titik akses
internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses
jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan
nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul
ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur
akses internet nirkabel hotspot dan jaringan mobile
wireless.
Sebuah hotspot
adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hotspot,
pengguna ponsel memeriksa e-mail,
browsing web, dan
mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi
hotspot adalah Wi-Fi,
WiMAX, dan Bluetooth.
Wi-Fi hotspot
menyediakan nirkabel pemantulan jaringan sambungan
untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang,
stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah,
berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan sebagainya. Rentang jangkauan untuk WiMAX
hotspot bisa jauh
lebih luas daripada Wi-Fi;
misalnya, mereka bisa
menutupi seluruh kota. Bluetooth hotspot menyediakan
layanan berbasis lokasi, seperti
mengirim kupon atau menu,
untuk pengguna yang memiliki perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan. Beberapa
hotspot menyediakan akses internet gratis, beberapa mengenakan biaya per-pemakaian, dan lain-lain yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan WISP, untuk mereka yang membayar biaya per-akses, biaya
sehari-hari, atau biaya bulanan.
5.
5. Warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan.
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan.
6. 6. Global Positioning System
Sebuah sistem global positioning (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau
lebih penerima global berbasis
yang dapat menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. Sebuah penerima GPS adalah
ponsel, mountable, atau perangkat embedded yang berisi antena, penerima
radio, dan prosesor.
Beberapa juga berfungsi
sebagai media player portabel yang memungkinkan Anda untuk memutar musik dan melihat gambar pada
perangkat. Banyak perangkat mobile
seperti ponsel pintar memiliki
kemampuan GPS dibangun ke dalam
perangkat atau sebagai fitur
add-on. Beberapa pengguna
menggunakan GPS pada ponsel untuk
me-mount penerima ke objek seperti mobil,
kapal, pesawat terbang, pertanian
dan peralatan konstruksi, atau komputer. Aplikasi pertama dan paling banyak digunakan teknologi GPS adalah untuk membantu orang-orang untuk menentukan di mana mereka berada. Data yang diperoleh
froma GPS dapat
diterapkan untuk berbagai kegunaan
lain: membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang/objek hilang atau dicuri,
memantau pergerakan orang atau objek, menentukan
ketinggian, dan menghitung
kecepatan.
7. 7. Groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu setiap orang untuk bekerja sama menggarap proyek dan berbagi informasi dengan orang lain melalui jaringan. Groupware adalah komponen dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Untuk membantu kegiatan ini, sebagian groupware memberikan manajer informasi pribadi (PIM) fungsi, seperti appointments calendar elektronik, buku alamat, dan notepad. Fitur utama dari groupware adalah penjadwalan kelompok, di mana kalender kelompok dapat melacak jadwal pengguna multiple dan membantu mengkoordinasikan pointments dan kali pertemuan.
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu setiap orang untuk bekerja sama menggarap proyek dan berbagi informasi dengan orang lain melalui jaringan. Groupware adalah komponen dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Untuk membantu kegiatan ini, sebagian groupware memberikan manajer informasi pribadi (PIM) fungsi, seperti appointments calendar elektronik, buku alamat, dan notepad. Fitur utama dari groupware adalah penjadwalan kelompok, di mana kalender kelompok dapat melacak jadwal pengguna multiple dan membantu mengkoordinasikan pointments dan kali pertemuan.
8. 8. Voice Mail
Voice mail berfungsi seperti mesin penjawab yang memungkinkan seseorang untuk meninggalkan pesan suara untuk satu atau lebih
orang. Tidak seperti mesin penjawab, komputer dalam sistem pesan suara mengkonversi suara analog
message bijak dalam
bentuk digital. Setelah didigitalkan,
pesan tersebut akan disimpan dalam
kotak suara. Sebuah kotak suara adalah lokasi penyimpanan pada hard disk dalam sistem pesan suara. Untuk membantu pengguna mengelola pesan suara, beberapa sistem menawarkan pesan suara visual.
Dengan pesan suara visual, pengguna dapat melihat rincian pesan seperti panjang
panggilan. Beberapa sistem pesan suara
dapat mengirim file audio voice mail ke alamat e-mail.
Orang lain dapat mengkonversi pesan suara ke pesan teks untuk ditampilkan pada komputer atau perangkat mobile seperti ponsel pintar, yang kemudian dapat mengelola seperti pesan
teks lainnya
.
9. 9. Kolaborasi
Banyak program menyediakan sarana untuk berkolaborasi, atau bekerja secara online, dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Tiga metode kolaborasi termasuk perangkat lunak kolaboratif, meninjau melalui e-mail, dan sistem manajemen dokumen. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui pertemuan online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Ketika pertemuan online berlangsung di Web, hal itu disebut konferensi Web. Contoh perangkat lunak kolaboratif termasuk Acrobat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Micros sering Office Live Meeting, Google Wave, dan WebEx. Microsoft Office SharePoint Server berisi paket program, salah satunya adalah perangkat lunak kolaboratif.
Banyak program menyediakan sarana untuk berkolaborasi, atau bekerja secara online, dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Tiga metode kolaborasi termasuk perangkat lunak kolaboratif, meninjau melalui e-mail, dan sistem manajemen dokumen. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui pertemuan online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Ketika pertemuan online berlangsung di Web, hal itu disebut konferensi Web. Contoh perangkat lunak kolaboratif termasuk Acrobat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Micros sering Office Live Meeting, Google Wave, dan WebEx. Microsoft Office SharePoint Server berisi paket program, salah satunya adalah perangkat lunak kolaboratif.
1.
10. Web Services
Layanan web
menggambarkan perangkat lunak standar
yang memungkinkan programmer untuk
CRE aplikasi yang
berkomunikasi dengan komputer remote
lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis
internal. Bisnis menggunakan
layanan Web karena teknologi ini menyediakan sarana untuk departemen untuk berkomunikasi satu sama lain,
pemasok, vendor, dan
dengan klien. Sebagai contoh, vendor pihak ketiga dapat
menggunakan layanan Web untuk berkomunikasi dengan situs web toko online mereka
untuk mengelola tingkat persediaan
mereka. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Sebuah Mashup
adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber, menciptakan
aplikasi baru.
Jaringan Komputer
Jaringan
adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi.
Keuntungan
menggunakan jaringan:
- · Memfasilitasi komunikasi melalui jaringan
- · Berbagi perangkat keras dalam lingkungan jaringan
- · Berbagi data dan informasi di lingkungan jaringan
- · Software Sharing
- · Mentransfer dana
Klasifikasi
Jaringan
1. 1.
Local Area Network
(LAN)
LAN
adalah jaringan yang menghubungkan
komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, laboratorium komputer,
sekolah, gedung perkantoran atau
bangunan yang letaknya berdekatan. Pada LAN dapat
berbagi sumber daya seperti printer,
harddisk, dan program.
2.
2. Metropolitan Area
Network (MAN)
MAN
adalah jaringan berkecepatan tinggi yang
menghubungkan jaringan area lokal
di daerah metropolitan seperti kota dan menangani
sebagian besar kegiatan komunikasi yang melintasi wilayah itu. Sebuah MAN
typi- Cally mencakup
satu atau lebih LAN. Sebuah
MAN biasanya dikelola
oleh konsorsium pengguna
atau oleh penyedia jaringan tunggal yang menjual layanan kepada pengguna.
3. 3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang
mencakup area geografis yang luas
(seperti kota, negara,
atau dunia) menggunakan saluran komunikasi yang
menggabungkan berbagai jenis media
seperti saluran telepon, kabel,
dan gelombang radio.
Sebuah WAN dapat
menjadi salah satu jaringan yang besar atau dapat terdiri dari
dua atau lebih LAN yang terhubung bersama-sama. Internet adalah
WAN terbesar di
dunia.
Arsitektur
Jaringan
1. Client
Server
Pada
jaringan client server, satu atau lebih komputer bertindak sebagai server, dan komputer lain di
jaringan sebagai client atau penerima fasilitas yang
disediakan oleh server. Server bertugas
sebagai komputer host, kontrol akses
ke perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya lain pada jaringan dan menyediakan tempat penyimpanan terpusat untuk program, data, dan informasi. Client adalah
komputer lain dan perangkat
mobile pada jaringan yang bergantung
pada server untuk sumber daya.
Beberapa server bertindak sebagai
dedicated server, yaitu server murni yang menyediakan fasilitas kepada
workstation (client) dan tidak dapat berperan sekaligus sebagai workstation. Sebuah
server Web adalah sebuah komputer
yang memberikan diminta halaman Web ke komputer
Anda. Meskipun dapat
menghubungkan sejumlah kecil komputer,
jaringan client /
server biasanya menyediakan
cara yang efisien untuk menghubungkan
10 komputer atau lebih. Kebanyakan jaringan client
/ server memerlukan seseorang untuk melayani sebagai jaringan administrator
karena ukuran besar
jaringan.
2. Peer
to Peer
Setiap
komputer disebut peer, memiliki tanggung
jawab yang sama dan kemampuan berbagi
perangkat keras (seperti printer), data, atau informasi dengan komputer lain pada jaringan peer-to-peer. Setiap komputer menyimpan file pada perangkat
penyimpanan sendiri. Dengan
demikian, setiap komputer pada
jaringan berisi sistem operasi
server dan perangkat lunak aplikasi. Semua komputer pada jaringan
berbagi perangkat periferal
melekat pada komputer manapun.
3. Internet
Peer to Peer
Tipe lain dari
peer-to-peer, yang disebut P2P, menggambarkan jaringan
internet di mana pengguna mengakses masing-masing hard disk dan bertukar file secara langsung melalui Internet. Jenis jaringan peer to peer
kadang-kadang disebut jaringan file sharing karena
pengguna dengan perangkat lunak
yang cocok dan koneksi internet file
copy dari orang lain yang hard disk ke hard
disk mereka.
Topologi
Jaringan
Topologi
jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer
lainnya sehingga membentuk jaringan.
1.
1. Topologi Star
Pada jaringan
bintang, semua komputer dan perangkat (node) pada
jaringan terhubung ke perangkat
sentral, sehingga membentuk bintang.
Dua jenis perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat umum untuk node
pada jaringan adalah hub dan switch. Semua data yang transfer
dari satu node ke yang lain melewati melalui
hub atau switch. Jaringan
bintang yang cukup
mudah untuk menginstal dan memelihara. Node dapat ditambahkan dan
dihapus dari jaringan dengan
tanpa menyebabkan gangguan jaringan.
2. 2. Topologi Bus
Sebuah jaringan bus terdiri dari kabel
tunggal pusat, dimana semua
komputer dan perangkat lain terhubung.
Bus adalah kabel fisik
yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Bus dalam
jaringan bus mentransmisikan
data, instruksi, dan
informasi di kedua arah. Ketika
perangkat pengirim mentransmisikan
data, alamat perangkat
penerima disertakan dengan transmisi
sehingga data tersebut diteruskan ke perangkat penerima yang sesuai.
3.
3. Topologi Ring
Pada jaringan
cincin, kabel membentuk
lingkaran tertutup (cincin) dengan semua komputer dan perangkat diatur sepanjang cincin. Data yang dikirimkan pada jaringan cincin berjalan dari
perangkat ke perangkat di sekitar
cincin dalam satu arah. Ketika
komputer atau perangkat mengirim data, data berjalan ke
setiap komputer pada cincin sampai mencapai tujuan.
Intranet
Intranet
adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Intranet umumnya
membuat informasi perusahaan dapat
diakses oleh karyawan dan memfasilitasi
bekerja dalam kelompok. Aplikasi intranet sederhana meliputi
penerbitan elektronik bahan organisasi seperti direktori telepon, kalender event,
manual prosedur, karyawan informasi manfaat, dan
lowongan pekerjaan. Selain itu, intranet biasanya menyertakan koneksi ke Internet. Penggunaan
lebih canggih dari intranet termasuk aplikasi groupware seperti manajemen
proyek, chat room, penjadwalan
kelompok, dan video
conferencing. Intranet pada
dasarnya adalah versi kecil dari
internet yang ada dalam suatu organisasi. Memiliki server Web, mendukung halaman web yang mengandung multimedia,
dan dapat diakses melalui browser Web seperti
Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari,
dan Google Chrome.
Jaringan
Komunikasi Standar
Sebuah standar
jaringan mendefinisikan pedoman yang menentukan cara komputer mengakses
media yang terpasang, jenis dari media yang
digunakan, kecepatan yang
digunakan pada berbagai jenis jaringan,
dan jenis dari kabel
fisik dan / atau
teknologi nirkabel yang digunakan.
Sebuah standar yang outlines karakteristik bagaimana dua perangkat jaringan dikomunikasikan disebut protokol. Secara
khusus, protokol dapat menentukan
format data, skema pengkodean, penanganan error, dan teknik sequencing.
Ethernet
Ethernet
adalah standar jaringan yang menentukan ada komputer
pusat atau perangkat pada
jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim; yaitu, setiap node mencoba
untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Jika dua komputer pada
upaya jaringan Ethernet
untuk mengirim data pada saat yang sama,
tabrakan akan terjadi, dan komputer harus
mencoba untuk mengirim pesan mereka lagi. Ethernet didasarkan
pada topologi bus, tetapi jaringan Ethernet
dapat ditransfer dalam pola bintang. Standar Ethernet
mendefinisikan pedoman untuk konfigurasi fisik jaringan, misalnya, kabel,
kartu jaringan, dan node.
Token
Ring
Standar
token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada
jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus, yang disebut token, secara searah
dan dalam urutan yang
telah ditetapkan. Token adalah
seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Perangkat dengan token
dapat mengirimkan data melalui jaringan.
Hanya satu tanda ada
per jaringan. Hal ini memastikan bahwa hanya satu komputer mengirimkan data pada satu waktu. Token ring didasarkan pada topologi ring (meskipun dapat menggunakan topologi star).
Kecepatan transfer data pada jaringan token ring dapat
4 Mbps, 16
Mbps, 100 Mbps,
atau 1 Gbps.
TCP/IP
Transmission
Control Protocol / Internet Protocol (TCP
/ IP) adalah
standar jaringan khususnya protokol
yang mendefinisikan bagaimana pesan
(data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain untuk memastikan data tiba
dengan benar. TCP / IP menggambarkan
aturan untuk terbagi secara pesan menjadi potongan-potongan kecil yang disebut paket, menyediakan alamat untuk
setiap paket, memeriksa dan
mendeteksi kesalahan, paket sequencing, dan
mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. TCP
/ IP telah
diadopsi sebagai standar jaringan
untuk komunikasi Internet.
Wi-Fi
Komputer dan
perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai
dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identi- SPPK jaringan
berdasarkan standar 802.11. Dikembangkan oleh IEEE, 802.11 adalah serangkaian standar network yang
menentukan bagaimana dua perangkat
nirkabel berkomunikasi melalui
udara dengan satu sama lain.
Bluetooth
Bluetooth
adalah standar jaringan,
khususnya protokol, yang mendefinisikan
bagaimana dua perangkat Bluetooth
menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk trans- data yang mit. Transfer
data antar perangkat pada tingkat
hingga 3 Mbps.
Untuk berkomunikasi satu sama lain,
perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki),
tetapi dapat diperpanjang hingga 100
meter dengan peralatan
tambahan. Sebuah perangkat Bluetooth
berisi chip kecil yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan
perangkat Bluetooth lainnya.
Contoh perangkat Bluetooth-enabled
dapat mencakup komputer
desktop, notebook com- puters,
komputer genggam, ponsel pintar, set kepala,
keyboard, perangkat mouse, mikrofon, kamera
digital, penerima GPS, dan printer.
UWB
UWB,
yang merupakan singkatan dari Ultra
wideband, merupakan standar jaringan yang
menentukan bagaimana dua
perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange
untuk berkomunikasi pada kecepatan
tinggi dengan satu sama lain. UWB dapat mengirimkan sinyal melalui pintu dan rintangan
lainnya. Karena kecepatan
transfer yang tinggi, UWB sangat cocok untuk pengiriman file besar seperti video, grafik, dan audio.
IrDa
IrDA
untuk mengirimkan data secara nirkabel
ke satu sama lain melalui inframerah
gelombang (IR) cahaya.
Data Transfer perangkat
pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA
mereka.
RFID
RFID
(radio frequency identification) adalah
standar, khususnya protokol, yang
mendefinisikan bagaimana jaringan
menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan
di dalam atau melekat pada suatu
objek, binatang, atau orang.
WiMAX
WiMAX
(Worldwide Interoperability for Microwave
Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar
jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana
perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah
yang luas. WiMAX memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Mbps, sedangkan ponsel
nirkabel WiMAX memiliki
kecepatan transfer data hingga 15 Mbps.
WAP
Wireless
Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies
spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi
dari layanan internet seperti web, e-mail,
dan chat room.
Komunikasi
Perangkat Lunak
Perangkat lunak komunikasi
terdiri dari program-program yang:
1. Membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan.
2. Mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi, dan
3. Menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk
berkomunikasi dengan satu sama lain.
1.
Komunikasi
Melalui Jaringan Telepon
Public
switched telephone network
(PSTN) adalah sistem
telepon di seluruh dunia yang
menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan
telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan
telepon lokal ke rumah, yang
sering analog.
a. Dial-Up
Lines Garis dial-up
Dial-Up
Lines Garis dial-up
adalah koneksi sementara yang menggunakan satu atau lebih saluran telepon analog untuk komunikasi yang. Sebuah koneksi dial-up tidak
permanen. Menggunakan jalur
dial-up untuk menghubungkan komputer
biaya tidak lebih dari membuat panggilan
telepon biasa.
b.
Dedicated
Garis A dedicated
line
Dedicated
Garis A dedicated
line adalah jenis selalu-pada koneksi yang
dibuat antara dua perangkat komunikasi (seperti garis
dial-up di mana sambungan dibangun kembali setiap kali digunakan). Kualitas dan konsistensi c onnection
pada dedicated line yang lebih baik dari
garis dial-up karena jalur khusus menyediakan koneksi konstan.
2.
ISDN
ISDN
(Integrated Services Digital Network)
adalah satu set standar untuk misi trans digital
data melalui saluran telepon tembaga standar. ISDN menyediakan kecepatan transfer yang lebih cepat daripada dial-up saluran telepon.
3.
DSL
& ADSL
DSL adalah garis alternatif digital populer untuk
usaha kecil atau rumah pengguna.
DSL (Digital Subscriber
Line) mentransmisikan pada
kecepatan cepat pada yang ada
secara tembaga standar kabel
telepon. ADSL adalah salah satu
jenis lebih populer dari DSL. Seperti
ditunjukkan dalam Gambar 9-25, ADSL
(asymmetric digital subscriber line)
adalah jenis DSL yang
mendukung kecepatan transfer yang
lebih cepat saat menerima data (downstream
rate) dibandingkan saat mengirim data (tingkat hulu). ADSL
sangat ideal untuk akses internet karena sebagian besar pengguna
men-download infor masi lebih dari Internet daripada mereka meng-upload.
Komunikasi
Perangkat
Sebuah perangkat komunikasi adalah
setiap jenis perangkat keras yang
mampu mentransmisikan data, instruksi,
dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat
penerima.
a.
Dial-Up
Modem adalah
perangkat komunikasi yang dapat
mengkonversi sinyal digital
ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal
digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog.
b.
Digital
Modem: ISDN, DSL,
dan kabel Modem
digital adalah
perangkat komunikasi yang
mengirim dan menerima data
dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga
jenis modem digital ISDN modem, modem
DSL, dan kabel
modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data
digital dan informasi yang
dari komputer ke saluran ISDN dan menerima
data digital dan informasi dari saluran ISDN.
c. Wireless
Modem. Modem
nirkabel memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB
flash drive, modul ExpressCard, kartu PC,
dan kartu memori.
d. Kartu
Jaringan, kadang-kadang
disebut kartu antarmuka
jaringan (NIC) adalah perangkat
nications-komunitas yang memungkinkan
komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu
jaringan mengkoordinasikan pengiriman
dan penerimaan data, instruksi,
dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat
yang berisi kartu jaringan.
e. Wireless Access
Points, adalah
perangkat komunikasi utama yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk
trans- fer data yang secara nirkabel di antara mereka sendiri
atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel
f. Router, adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router
lain bersama-sama dan mengirimkan
data ke tination des-benar
pada jaringan. Router
dapat digunakan pada setiap ukuran jaringan.
g.
Hub
dan Switch
Sebuah
hub atau switch adalah
perangkat yang menyediakan titik
sentral untuk kabel dalam
jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub,
sementara etworks n lebih kecil menggunakan switch.
Rumah Jaringan
Setiap
jaringan komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut:
·
Hubungkan ke
Internet pada saat yang sama
·
Berbagi
satu koneksi Internet kecepatan tinggi
·
Akses file
dan program pada komputer
lain di rumah
·
Share
peripheral seperti printer, scanner , hard disk
eksternal, atau disc
drive game
·
Bermain
multiplayer optik dengan pemain di
komputer lain di rumah
·
Sambungkan
konsol game ke Internet
·
Berlangganan
dan menggunakan VoIP
Saluran Komunikasi
Saluran
komunikasi adalah media transmisi dimana
data, instruksi, atau perjalanan
informasi dalam sistem komunikasi. Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi kadang-kadang
disebut bandwidth.
Media Transmisi Fisik
1.
Twisted-Pair Kabel
Salah
satu media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair.
Kabel twisted-pair sists con dari satu atau
lebih twisted-pair kabel dibundel bersama
2.
Kabel Coaxial
Kabel Coaxial sering disebut sebagai membujuk (diucapkan KO-kapak),
terdiri dari kawat c opper tunggal dikelilingi oleh setidaknya tiga lapisan: bahan isolasi, logam anyaman atau
dikepang, dan lapisan
luar plastik
3.
Fiber-Optic
Terdiri
dari puluhan atau ratusan helai tipis kaca atau
tic plasminogen yang
menggunakan cahaya untuk mengirimkan
sinyal. Setiap helai, disebut serat optik,
setipis rambut manusia. Di dalam kabel serat
optik, kaca cladding isolasi dan lapisan
pelindung mengelilingi setiap serat
optik.
Wireless
Transmission Media
Banyak
pengguna memilih untuk media transmisi nirkabel
karena lebih mudah daripada memasang kabel. Selain
kenyamanan, bisnis menggunakan media
transmisi nirkabel di lokasi di mana
tidak mungkin untuk memasang kabel.
Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio
siaran, radio selular,
oven microwave, dan komunikasi satelit.
1. 1. Inframerah
Inframerah (IR) merupakan media transmisi
nirkabel yang mengirimkan sinyal
menggunakan gelombang cahaya inframerah.
2
3. 2. Radio Broadcast
Radio Broadcast
adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara
jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah,
dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah
4.
3. Radio Seluler
Radio Broadcast
adalah bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu
modem nirkabel dan
ponsel
Komunikasi
Personal Services (PCS)
Komunikasi
Personal Services (PCS)
adalah istilah yang digunakan oleh
nications Komisi Federal
Komunis (FCC) untuk
mengidentifikasi semua komunikasi digital nirkabel. Perangkat
yang menggunakan PCS termasuk ponsel, PDA, pager,
dan mesin faks.
Microwave Microwave
Microwave Microwave
adalah gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal kecepatan tinggi. Transmisi microwave, sering disebut nirkabel tetap, melibatkan pengiriman sinyal dari satu stasiun microwave yang lain
Satelit komunikasi
Microwave Microwave
adalah sebuah stasiun ruang angkasa
yang menerima sinyal gelombang mikro
dari stasiun bumi berbasis,
menguatkan (memperkuat) s ignals, dan menyiarkan sinyal kembali
di wilayah yang luas ke sejumlah stasiun bumi berbasis. Stasiun
bumi berbasis ini sering stasiun ave
microw.
0 komentar:
Posting Komentar