Minggu, 07 Desember 2014

Pengantar TI - Komunikasi dan Jaringan Komputer

Komunikasi dan Jaringan Komputer
Komunikasi komputer menggambarkan proses dimana dua atau lebih data/perangkat komputer mentransfer dan mengintruksi informasi. Dewasa ini setiap komputer dapat berkomunikasi dan berhubungan dengan komputer lain diseluruh dunia atau sering disebut internet. Jenis jaringan sendiri ada yang menggunakan kabel dan kawat adapula yang melalui udara nirkabel atau sering disebut wireless (jaringan tanpa kabel).
Beberapa hal yang diperlukan dalam berkomunikasi:
  • Sebuah perangkat pengirim yang memulai instruksi untuk mengirimkan data, instruksi, atau informasi.
  • Perangkat komunikasi A yang menghubungkan perangkat pengirim ke saluran komunikasi.
  • Saluran komunikasi A, atau media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi.
  • Perangkat komunikasi A yang menghubungkan saluran komunikasi ke perangkat penerima.
  • Sebuah perangkat penerima yang menerima transmisi data, instruksi, atau informasi.

Penggunaan Komunikasi Komputer
1.      1. Pesan Teks
Setiap perangkat mobile selalu memiliki fitur pesan teks atau dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan SMS (Short Message Service).
Layanan pesan teks biasanya menyediakan pengguna dengan beberapa pilihan untuk mengirim dan menerima pesan:
·        Mobile ke Mobile: mengirim pesan dari ponsel Anda ke perangkat selular lain
·       Mobile ke E-Mail: mengirim pesan dari ponsel Anda ke alamat e-mail di mana saja di dunia
·   Web ke Mobile: mengirim pesan dari sebuah situs web ke perangkat mobile, atau meminta situs Web mengirimkan informasi ke perangkat mobile dengan pesan berita dan update lainnya, seperti skor olahraga, harga saham, dan prakiraan cuaca
·      Mobile ke Provider: kirim pesan dengan memasukkan umum kode pendek (CSC), yang merupakan nomor empat atau lima digit yang diberikan ke konten tertentu atau penyedia layanan nirkabel, diikuti oleh pesan, seperti suara untuk televisi Program kontestan atau entri untuk undian
 
2.      2. Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Dalam ponselbiasa disebut MMS (layanan pesan multimedia). Pengguna yang ingin mengirim ataupun menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel dengan memori yang memadai. Layanan gambar / video messaging biasanya memberikan pengguna pilihan ini untuk mengirim dan menerima pesan:
·      Mobile ke Mobile: mengirim gambar / video dari ponsel Anda ke perangkat selular lain
·   Mobil ke E-Mail: mengirim gambar / video dari perangkat mobile Anda ke alamat e-mail di mana saja di dunia
Jika Anda mengirim pesan gambar ke telepon yang tidak memiliki fitur pesan gambar / video, ponsel biasanya menampilkan pesan teks yang mengarahkan pengguna ke halaman Web yang berisi pesan gambar / video. Beberapa jaringan sosial online memungkinkan Anda untuk mengirim pesan gambar / video ke nomor yang ditetapkan untuk mengirim pesan secara otomatis ke profil online Anda.

3.      3. Wireless Instant Messaging
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih yang memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger. Dengan layanan IM yang kompatibel, pengguna memiliki pilihan IM ini:
·   Mobile ke Mobile: menggunakan instant messenger nirkabel untuk berkomunikasi antara dua perangkat mobile
·  Mobile ke Personal Computer: menggunakan instant messenger nirkabel untuk berkomunikasi antara perangkat mobile dan komputer desktop atau notebook
·        Web ke Mobile: mengirim atau meneruskan pesan dari instant messenger desktop atau notebook komputer ke perangkat mobile atau pengguna online

4.      4. Wireless Access Points Internet
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet nirkabel hotspot dan jaringan mobile wireless.
Sebuah hotspot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hotspot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hotspot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hotspot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan sambungan untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan sebagainya. Rentang jangkauan untuk WiMAX hotspot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hotspot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang memiliki perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan. Beberapa hotspot menyediakan akses internet gratis, beberapa mengenakan biaya per-pemakaian, dan lain-lain yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan WISP, untuk mereka yang membayar biaya per-akses, biaya sehari-hari, atau biaya bulanan.

5.      5. Warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan.

6.      6. Global Positioning System
Sebuah sistem global positioning (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima global berbasis yang dapat menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. Sebuah penerima GPS adalah ponsel, mountable, atau perangkat embedded yang berisi antena, penerima radio, dan prosesor. Beberapa juga berfungsi sebagai media player portabel yang memungkinkan Anda untuk memutar musik dan melihat gambar pada perangkat. Banyak perangkat mobile seperti ponsel pintar memiliki kemampuan GPS dibangun ke dalam perangkat atau sebagai fitur add-on. Beberapa pengguna menggunakan GPS pada ponsel untuk me-mount penerima ke objek seperti mobil, kapal, pesawat terbang, pertanian dan peralatan konstruksi, atau komputer. Aplikasi pertama dan paling banyak digunakan teknologi GPS adalah untuk membantu orang-orang untuk menentukan di mana mereka berada. Data yang diperoleh froma GPS dapat diterapkan untuk berbagai kegunaan lain: membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang/objek hilang atau dicuri, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan.

7.      7. Groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu setiap orang untuk bekerja sama menggarap proyek dan berbagi informasi dengan orang lain melalui jaringan. Groupware adalah komponen dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Untuk membantu kegiatan ini, sebagian groupware memberikan manajer informasi pribadi (PIM) fungsi, seperti appointments calendar elektronik, buku alamat, dan notepad. Fitur utama dari groupware adalah penjadwalan kelompok, di mana kalender kelompok dapat melacak jadwal pengguna multiple dan membantu mengkoordinasikan pointments dan kali pertemuan.

8.      8. Voice Mail
Voice mail berfungsi seperti mesin penjawab yang memungkinkan seseorang untuk meninggalkan pesan suara untuk satu atau lebih orang. Tidak seperti mesin penjawab, komputer dalam sistem pesan suara mengkonversi suara analog message bijak dalam bentuk digital. Setelah didigitalkan, pesan tersebut akan disimpan dalam kotak suara. Sebuah kotak suara adalah lokasi penyimpanan pada hard disk dalam sistem pesan suara. Untuk membantu pengguna mengelola pesan suara, beberapa sistem menawarkan pesan suara visual. Dengan pesan suara visual, pengguna dapat melihat rincian pesan seperti panjang panggilan. Beberapa sistem pesan suara dapat mengirim file audio voice mail ke alamat e-mail. Orang lain dapat mengkonversi pesan suara ke pesan teks untuk ditampilkan pada komputer atau perangkat mobile seperti ponsel pintar, yang kemudian dapat mengelola seperti pesan teks lainnya
.
9.      9. Kolaborasi
Banyak program menyediakan sarana untuk berkolaborasi, atau bekerja secara online, dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Tiga metode kolaborasi termasuk perangkat lunak kolaboratif, meninjau melalui e-mail, dan sistem manajemen dokumen. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui pertemuan online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Ketika pertemuan online berlangsung di Web, hal itu disebut konferensi Web. Contoh perangkat lunak kolaboratif termasuk Acrobat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Micros sering Office Live Meeting, Google Wave, dan WebEx. Microsoft Office SharePoint Server berisi paket program, salah satunya adalah perangkat lunak kolaboratif.

1.  10. Web Services
Layanan web menggambarkan perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk CRE aplikasi yang berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis internal. Bisnis menggunakan layanan Web karena teknologi ini menyediakan sarana untuk departemen untuk berkomunikasi satu sama lain, pemasok, vendor, dan dengan klien. Sebagai contoh, vendor pihak ketiga dapat menggunakan layanan Web untuk berkomunikasi dengan situs web toko online mereka untuk mengelola tingkat persediaan mereka. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Sebuah Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber, menciptakan aplikasi baru.

Jaringan Komputer
Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi.
Keuntungan menggunakan jaringan:
  • ·         Memfasilitasi komunikasi melalui jaringan
  • ·         Berbagi perangkat keras dalam lingkungan jaringan
  • ·         Berbagi data dan informasi di lingkungan jaringan
  • ·         Software Sharing
  • ·         Mentransfer dana

Klasifikasi Jaringan
1.     1.  Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, laboratorium komputer, sekolah, gedung perkantoran atau bangunan yang letaknya berdekatan. Pada LAN dapat berbagi sumber daya seperti printer, harddisk, dan program.
2.      2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan area lokal di daerah metropolitan seperti kota dan menangani sebagian besar kegiatan komunikasi yang melintasi wilayah itu. Sebuah MAN typi- Cally mencakup satu atau lebih LAN. Sebuah MAN biasanya dikelola oleh konsorsium pengguna atau oleh penyedia jaringan tunggal yang menjual layanan kepada pengguna.
3.      3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas (seperti kota, negara, atau dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang radio. Sebuah WAN dapat menjadi salah satu jaringan yang besar atau dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang terhubung bersama-sama. Internet adalah WAN terbesar di dunia.

Arsitektur Jaringan
1.      Client Server
Pada jaringan client server, satu atau lebih komputer bertindak sebagai server, dan komputer lain di jaringan sebagai client atau penerima fasilitas yang disediakan oleh server. Server bertugas sebagai komputer host, kontrol akses ke perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya lain pada jaringan dan menyediakan tempat penyimpanan terpusat untuk program, data, dan informasi. Client adalah komputer lain dan perangkat mobile pada jaringan yang bergantung pada server untuk sumber daya. Beberapa server bertindak sebagai dedicated server, yaitu server murni yang menyediakan fasilitas kepada workstation (client) dan tidak dapat berperan sekaligus sebagai workstation. Sebuah server Web adalah sebuah komputer yang memberikan diminta halaman Web ke komputer Anda. Meskipun dapat menghubungkan sejumlah kecil komputer, jaringan client / server biasanya menyediakan cara yang efisien untuk menghubungkan 10 komputer atau lebih. Kebanyakan jaringan client / server memerlukan seseorang untuk melayani sebagai jaringan administrator karena ukuran besar jaringan.
2.      Peer to Peer
Setiap komputer disebut peer, memiliki tanggung jawab yang sama dan kemampuan berbagi perangkat keras (seperti printer), data, atau informasi dengan komputer lain pada jaringan peer-to-peer. Setiap komputer menyimpan file pada perangkat penyimpanan sendiri. Dengan demikian, setiap komputer pada jaringan berisi sistem operasi server dan perangkat lunak aplikasi. Semua komputer pada jaringan berbagi perangkat periferal melekat pada komputer manapun.
3.      Internet Peer to Peer
Tipe lain dari peer-to-peer, yang disebut P2P, menggambarkan jaringan internet di mana pengguna mengakses masing-masing hard disk dan bertukar file secara langsung melalui Internet. Jenis jaringan peer to peer kadang-kadang disebut jaringan file sharing karena pengguna dengan perangkat lunak yang cocok dan koneksi internet file copy dari orang lain yang hard disk ke hard disk mereka.

Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.
1.      1. Topologi Star
Pada jaringan bintang, semua komputer dan perangkat (node) pada jaringan terhubung ke perangkat sentral, sehingga membentuk bintang. Dua jenis perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat umum untuk node pada jaringan adalah hub dan switch. Semua data yang transfer dari satu node ke yang lain melewati melalui hub atau switch. Jaringan bintang yang cukup mudah untuk menginstal dan memelihara. Node dapat ditambahkan dan dihapus dari jaringan dengan tanpa menyebabkan gangguan jaringan.
2.      2. Topologi Bus
Sebuah jaringan bus terdiri dari kabel tunggal pusat, dimana semua komputer dan perangkat lain terhubung. Bus adalah kabel fisik yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Bus dalam jaringan bus mentransmisikan data, instruksi, dan informasi di kedua arah. Ketika perangkat pengirim mentransmisikan data, alamat perangkat penerima disertakan dengan transmisi sehingga data tersebut diteruskan ke perangkat penerima yang sesuai.
3.      3. Topologi Ring
Pada jaringan cincin, kabel membentuk lingkaran tertutup (cincin) dengan semua komputer dan perangkat diatur sepanjang cincin. Data yang dikirimkan pada jaringan cincin berjalan dari perangkat ke perangkat di sekitar cincin dalam satu arah. Ketika komputer atau perangkat mengirim data, data berjalan ke setiap komputer pada cincin sampai mencapai tujuan.

Intranet
Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Intranet umumnya membuat informasi perusahaan dapat diakses oleh karyawan dan memfasilitasi bekerja dalam kelompok. Aplikasi intranet sederhana meliputi penerbitan elektronik bahan organisasi seperti direktori telepon, kalender event, manual prosedur, karyawan informasi manfaat, dan lowongan pekerjaan. Selain itu, intranet biasanya menyertakan koneksi ke Internet. Penggunaan lebih canggih dari intranet termasuk aplikasi groupware seperti manajemen proyek, chat room, penjadwalan kelompok, dan video conferencing. Intranet pada dasarnya adalah versi kecil dari internet yang ada dalam suatu organisasi. Memiliki server Web, mendukung halaman web yang mengandung multimedia, dan dapat diakses melalui browser Web seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari, dan Google Chrome.

Jaringan Komunikasi Standar
Sebuah standar jaringan mendefinisikan pedoman yang menentukan cara komputer mengakses media yang terpasang, jenis dari media yang digunakan, kecepatan yang digunakan pada berbagai jenis jaringan, dan jenis dari kabel fisik dan / atau teknologi nirkabel yang digunakan. Sebuah standar yang outlines karakteristik bagaimana dua perangkat jaringan dikomunikasikan disebut protokol. Secara khusus, protokol dapat menentukan format data, skema pengkodean, penanganan error, dan teknik sequencing.

Ethernet                  
Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan ada komputer pusat atau perangkat pada jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim; yaitu, setiap node mencoba untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Jika dua komputer pada upaya jaringan Ethernet untuk mengirim data pada saat yang sama, tabrakan akan terjadi, dan komputer harus mencoba untuk mengirim pesan mereka lagi. Ethernet didasarkan pada topologi bus, tetapi jaringan Ethernet dapat ditransfer dalam pola bintang. Standar Ethernet mendefinisikan pedoman untuk konfigurasi fisik jaringan, misalnya, kabel, kartu jaringan, dan node.

Token Ring
Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus, yang disebut token, secara searah dan dalam urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Perangkat dengan token dapat mengirimkan data melalui jaringan. Hanya satu tanda ada per jaringan. Hal ini memastikan bahwa hanya satu komputer mengirimkan data pada satu waktu. Token ring didasarkan pada topologi ring (meskipun dapat menggunakan topologi star). Kecepatan transfer data pada jaringan token ring dapat 4 Mbps, 16 Mbps, 100 Mbps, atau 1 Gbps.

TCP/IP
Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP) adalah standar jaringan khususnya protokol yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain untuk memastikan data tiba dengan benar. TCP / IP menggambarkan aturan untuk terbagi secara pesan menjadi potongan-potongan kecil yang disebut paket, menyediakan alamat untuk setiap paket, memeriksa dan mendeteksi kesalahan, paket sequencing, dan mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. TCP / IP telah diadopsi sebagai standar jaringan untuk komunikasi Internet.

Wi-Fi
Komputer dan perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identi- SPPK jaringan berdasarkan standar 802.11. Dikembangkan oleh IEEE, 802.11 adalah serangkaian standar network yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara dengan satu sama lain.

Bluetooth
Bluetooth adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk trans- data yang mit. Transfer data antar perangkat pada tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan tambahan. Sebuah perangkat Bluetooth berisi chip kecil yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth lainnya. Contoh perangkat Bluetooth-enabled dapat mencakup komputer desktop, notebook com- puters, komputer genggam, ponsel pintar, set kepala, keyboard, perangkat mouse, mikrofon, kamera digital, penerima GPS, dan printer.

UWB
UWB, yang merupakan singkatan dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi dengan satu sama lain. UWB dapat mengirimkan sinyal melalui pintu dan rintangan lainnya. Karena kecepatan transfer yang tinggi, UWB sangat cocok untuk pengiriman file besar seperti video, grafik, dan audio.

IrDa
IrDA untuk mengirimkan data secara nirkabel ke satu sama lain melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA mereka.

RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang.

WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang luas. WiMAX memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Mbps, sedangkan ponsel nirkabel WiMAX memiliki kecepatan transfer data hingga 15 Mbps.

WAP
Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room.

Komunikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak komunikasi terdiri dari program-program yang:
1.      Membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan.
2.      Mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi, dan
3.      Menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

1.      Komunikasi Melalui Jaringan Telepon
Public switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog.

a.      Dial-Up Lines Garis dial-up
Dial-Up Lines Garis dial-up adalah koneksi sementara yang menggunakan satu atau lebih saluran telepon analog untuk komunikasi yang. Sebuah koneksi dial-up tidak permanen. Menggunakan jalur dial-up untuk menghubungkan komputer biaya tidak lebih dari membuat panggilan telepon biasa.

b.      Dedicated Garis A dedicated line
Dedicated Garis A dedicated line adalah jenis selalu-pada koneksi yang dibuat antara dua perangkat komunikasi (seperti garis dial-up di mana sambungan dibangun kembali setiap kali digunakan). Kualitas dan konsistensi c onnection pada dedicated line yang lebih baik dari garis dial-up karena jalur khusus menyediakan koneksi konstan.

2.      ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah satu set standar untuk misi trans digital data melalui saluran telepon tembaga standar. ISDN menyediakan kecepatan transfer yang lebih cepat daripada dial-up saluran telepon.

3.      DSL & ADSL
DSL adalah garis alternatif digital populer untuk usaha kecil atau rumah pengguna. DSL (Digital Subscriber Line) mentransmisikan pada kecepatan cepat pada yang ada secara tembaga standar kabel telepon. ADSL adalah salah satu jenis lebih populer dari DSL. Seperti ditunjukkan dalam Gambar 9-25, ADSL (asymmetric digital subscriber line) adalah jenis DSL yang mendukung kecepatan transfer yang lebih cepat saat menerima data (downstream rate) dibandingkan saat mengirim data (tingkat hulu). ADSL sangat ideal untuk akses internet karena sebagian besar pengguna men-download infor masi lebih dari Internet daripada mereka meng-upload.

Komunikasi Perangkat
Sebuah perangkat komunikasi adalah setiap jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima.

a.      Dial-Up Modem adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog.

b.      Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital adalah perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data digital dan informasi dari saluran ISDN.

c.       Wireless Modem. Modem nirkabel memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu PC, dan kartu memori.

d.   Kartu Jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC) adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan.

e. Wireless Access Points, adalah perangkat komunikasi utama yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk trans- fer data yang secara nirkabel di antara mereka sendiri atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel

f.  Router, adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tination des-benar pada jaringan. Router dapat digunakan pada setiap ukuran jaringan.

g.      Hub dan Switch
Sebuah hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel dalam jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara etworks n lebih kecil menggunakan switch.

Rumah Jaringan
Setiap jaringan komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut:
·         Hubungkan ke Internet pada saat yang sama
·         Berbagi satu koneksi Internet kecepatan tinggi
·         Akses file dan program pada komputer lain di rumah
·         Share peripheral seperti printer, scanner , hard disk eksternal, atau disc drive game
·         Bermain multiplayer optik dengan pemain di komputer lain di rumah
·         Sambungkan konsol game ke Internet
·         Berlangganan dan menggunakan VoIP

Saluran Komunikasi
Saluran komunikasi adalah media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi dalam sistem komunikasi. Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi kadang-kadang disebut bandwidth.

Media Transmisi Fisik
1.      Twisted-Pair Kabel
Salah satu media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair. Kabel twisted-pair sists con dari satu atau lebih twisted-pair kabel dibundel bersama
2.      Kabel Coaxial
Kabel Coaxial sering disebut sebagai membujuk (diucapkan KO-kapak), terdiri dari kawat c opper tunggal dikelilingi oleh setidaknya tiga lapisan: bahan isolasi, logam anyaman atau dikepang, dan lapisan luar plastik
3.      Fiber-Optic
Terdiri dari puluhan atau ratusan helai tipis kaca atau tic plasminogen yang menggunakan cahaya untuk mengirimkan sinyal. Setiap helai, disebut serat optik, setipis rambut manusia. Di dalam kabel serat optik, kaca cladding isolasi dan lapisan pelindung mengelilingi setiap serat optik.

Wireless Transmission Media
Banyak pengguna memilih untuk media transmisi nirkabel karena lebih mudah daripada memasang kabel. Selain kenyamanan, bisnis menggunakan media transmisi nirkabel di lokasi di mana tidak mungkin untuk memasang kabel. Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven microwave, dan komunikasi satelit.
1.      1. Inframerah
Inframerah (IR) merupakan media transmisi nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan gelombang cahaya inframerah.
2
3.      2. Radio Broadcast
Radio Broadcast adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah
4.       
       3. Radio Seluler
Radio Broadcast adalah bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan ponsel

Komunikasi Personal Services (PCS)
Komunikasi Personal Services (PCS) adalah istilah yang digunakan oleh nications Komisi Federal Komunis (FCC) untuk mengidentifikasi semua komunikasi digital nirkabel. Perangkat yang menggunakan PCS termasuk ponsel, PDA, pager, dan mesin faks.

Microwave Microwave
Microwave Microwave adalah gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal kecepatan tinggi. Transmisi microwave, sering disebut nirkabel tetap, melibatkan pengiriman sinyal dari satu stasiun microwave yang lain

Satelit komunikasi
Microwave Microwave adalah sebuah stasiun ruang angkasa yang menerima sinyal gelombang mikro dari stasiun bumi berbasis, menguatkan (memperkuat) s ignals, dan menyiarkan sinyal kembali di wilayah yang luas ke sejumlah stasiun bumi berbasis. Stasiun bumi berbasis ini sering stasiun ave microw.


0 komentar:

Posting Komentar